5/04/2011

Web Server ubuntu


DNS Server Ubuntu

Bagi seorang pemula seperti saya kadang-kadang untuk memahami apa itu DNS dan bagaimana mengconfigurasinya di server sangatlah mumet. Kadang-kadang untuk mencari artikel yang sesuai untuk keperluan kita sangat membutuhkan perjuangan, bahkan meskipun sudah menemukan, kita biasanya malah bingung untuk memulai dari mana, karena biasanya artikel yang kita temukan membahas secara garis besar saja mengenai hal yang kita cari.
DNS server Ubuntu yang saya bahas kali ini berdasarkan pengalaman yang saya lakukan secara otodidak, dengan mengumpuilkan beberapa referensi dan mempelajarinya. berikut ini saya sajikan kepada pembaca mengenai pengertian dasar dns dan bagaimana mengkonfigurasnya kedalam sebuah sistem berdasarkan pemikiran seorang newbie, sehingga anda tidak bingung harrus memulainya dari mana .

Membangun Server DNS dengan djbdns

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. Kadang-kadang diartikan sebagai Domain Name Server, jika sedang membahas server. DNS berfungsi untuk mengatur proses penerjemahan nama domain ke nomor IP atau sebaliknya. DNS adalah juga sistem database yang terdistribusi, sehingga memungkinkan setiap bagian dari database dikelola secara terpisah. DNS bekerja dengan konsep client-server. Yang menjalankan fungsi sebagai server adalah server DNS. Di dunia *nix (Unix/Linux) biasanya dipakai program yang bernama named dari paket BIND, sedangkan di sisi klien disebut dengan resolver.



Tidak ada komentar: